Sabtu, 16 Maret 2013

Lampu Jalan Tenaga Surya




Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS)
Lampu jalan PJU tenaga surya berbasis LED menggunakan daya yang lebih sedikit dan efisien. Lampu PJU tenaga surya hanya disuplai dari energi matahari yang diterima solar modul menjadi listrik dan disimpan di baterai sehingga tidak memerlukan suplai dari PLN.
Lampu jalan PJU tenaga surya tidak memerlukan kabel listrik, sangat cocok untuk daerah yang jauh dari jangkauan listrik, instalasi kabel listrik menjadi tidak ekonomis, dan memberikan kemudahan instalasi.
Pertimbangan-pertimbangan menggunakan lampu jalan PJU berbasis tenaga surya dan LED:
  1. Daya tahan modul solar panel dan LED
  2. Bersifat mandiri, tanpa jaringan tenaga listrik
  3. Menggunakan energi matahari
  4. Tidak perlu merusak untuk membangun jaringan listrik
  5. Instalasi sangat mudah
  6. Tanpa perawatan
  7. Mudah dipindahkan

Aplikasi lampu jalan PJU tenaga surya terdiri dari: Lampu jalan, lampu taman, lampu dermaga, lampu lapangan parkir, lampu jalan raya terpencil, lampu jalan pedesaan, lampu penerangan wisata, lampu jalan perkebunan, lampu jalan pertambangan, dan lain-lain.
 Sistem lampu jalan tenaga surya sangat cocok untuk daerah tertinggal dan daerah krisis energi.
Kami sangat berpengalaman dalam membuat dan mendesain rangkainan lampu jalan tenaga surya yang awet.
Beberapa point yang perlu di perhatikan dalam mendesai lampu PJU Tenaga Surya:

  1. Sesuaikan ketinggian lampu ( tinggi lampu 4 – 8 meter) dengan tingkat keterangan lampu (watt)
    4 meter menggunakan lampu jalan led 10 watt
    6 meter menggunakan lampu jalan led 20 watt
    7 meter menggunakan lampu jalan led 30 watt
    8 meter menggunakan lampu jalan led 40 watt
  2. Gunakan solar panel sesuai dengan daya lampu led yang di perlukan.
    Perhatikan kualitas solar panel dengan produk bergaransi pabrikan. Penggunaan solar panel sangat vital dalam keawetan battery, dan lama dari nyala suatu lampu pju.
    Adapun perhitunganya sebagai berikut :
    Lampu PJU led 20 watt dibutuhkan nyala 12 jam perhari : 20watt x 12 jam = 240 wh / 4jam = 60Wp dibagi pecahan keping solar 50Wp = dibutuhkan 2 modul 50 Wp
  3. Perhatikan jenis battery yang digunakan; seperti battery VRLA atau Deep Cycle dan lebihkan dari kapasitas yang di butuhkan.
  4. Sangat disarankan menggunakan produk yang bergaransi resmi atau ISO atau CUV

Keterangan
Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ( PJU-TS) adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ( PJU-TS ) sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil. Namun belakangan ini PJU Tenaga Surya juga marak diaplikasikan di daerah perkotaan seperti di kawasan jalan-jalan utama, jalan kawasan perumahan, halte bis, tempat parkir, pompa bensin ( SPBU) dsb.

Penerangan Jalan Tenaga Surya merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk digunakan sebagai sumber listrik penerangan karena menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam yaitu energi matahari. Menggunakan Modul/ Panel Surya dengan lifetime hingga 25 tahun yang berfungsi menerima cahaya ( sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi listrik melalui proses photovoltaic. Lampu Jalan Tenaga Surya ( PJU Tenaga Surya) secara otomatis dapat mulai menyala pada sore hari dan padam pada pagi hari dengan perawatan yang mudah dan efisien selama bertahun tahun.Menggunakan Lampu LED jenis hi-power yang sangat terang, hemat energi dan tahan lama . Masa pemakaian Lampu LED bisa mencapai 50.000 jam dengan sumber daya DC. Dengan lamanya interval penggantian lampu berarti juga mengurangi frekuensi dan menghemat biaya operasional pemeliharaan untuk ongkos jasa penggantian bola lampunya saja. Baterai yang digunakan adalah baterai bebas perawatan ( maintenance free) jenis VRLA dan tipe Deep Cycle.Dengan menggunakan perangkat ini, kita sudah memiliki sumber energi sendiri tanpa ketergantungan dengan pihak lain, hemat BBM, dan ramah lingkungan. PJU Tenaga Surya beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan antar tiang sehingga installasinya menjadi sangat mudah, praktis, sangat ekonomis dan tentunya dapat terhindar dari black out total jika terjadi gangguan.

Lampu penerangan jalan ( PJU) tenaga matahari mempunyai ketinggian tiang yang berbeda-beda, mulai dari 7 m s/ d 9 m. Jarak antar tiang juga bervariasi mulai dari 15m s/ d 40m. Jarak antar tiang tergantung ketinggian tiang, jenis lampu, dan cahaya yang dibutuhkan ( brightness) .

Secara keseluruhan sistem ini dirancang untuk penyediaan cahaya penerangan umum dengan sumber energi terbarukan, bebas biaya perawatan dan berumur ekonomis lama. Dengan sistem pemasangan yang cepat dan mudah, PJU LED Tenaga Surya dapat menjadi solusi yang cepat dalam mengatasi kebutuhan penerangan jalan umum.

Keunggulan:
1.         Terang dan tahan lama
2.         Hemat energi
3.         Ramah lingkungan
4.         Bebas polusi
5.         Cepat dan mudah dalam pemasangan
6.         Hemat biaya perawatan
7.         Life time yang lama ( lampu LED hingga 11 tahun & solar panel hingga 25    tahun)
8.         Cocok dipasang di segala lokasi
9.         Tersedia dengan daya mulai dari lampu dengan daya 15w ( 950Lm) -168w ( 14.558 Lm)

APLIKASI:
1.         Jalan umum
2.         Lampu taman
3.         Lampu penerangan daerah wisata
4.         Lampu dermaga
5.         Lampu lapangan parkir
6.         Lampu jalan raya terpencil
7.         Lampu jalan pedesaan
8.         Lampu lapangan olah raga
9.         Area kampus
10.       Lingkungan perumahan
11.       Area SPBU
12.       Area pabrik
13.       Daerah pegunungan
14.       Daerah pantai
15.       Halte bus

KOMPONEN:
1.         Modul Solar Cell Mono/ Polycrystalline
2.         Lampu LED/ CFL + Cobra Head Lamp
3.         Charge Controller Automatic Timer
4.         Battery SLA/ VLRA Deep Cycle Free Maintenance
5.         Battery Box
6.         Solar Panel Support
7.         Various Brackets
8.         Wiring Harnesses
Lampu PJU tenaga surya berbasis LED menggunakan daya yang lebih sedikit dan efisien. Lampu PJU tenaga surya hanya disuplai dari energi matahari yang diterima solar modul menjadi listrik dan disimpan di baterai sehingga tidak memerlukan suplai dari PLN.
Lampu PJU tenaga surya tidak memerlukan kabel listrik, sangat cocok untuk daerah yang jauh dari jangkauan listrik, instalasi kabel listrik menjadi tidak ekonomis, dan memberikan kemudahan instalasi.
Pertimbangan-pertimbangan menggunakan lampu PJU berbasis tenaga surya dan LED:
  1. Daya tahan modul solar panel dan LED
  2. Bersifat mandiri, tanpa jaringan tenaga listrik
  3. Menggunakan energi matahari
  4. Tidak perlu merusak untuk membangun jaringan listrik
  5. Instalasi sangat mudah
  6. Tanpa perawatan
  7. Mudah dipindahkan
Aplikasi lampu PJU tenaga surya terdiri dari: Lampu jalan, lampu taman, lampu dermaga, lampu lapangan parkir, lampu jalan raya terpencil, lampu jalan pedesaan, lampu penerangan wisata, lampu jalan perkebunan, lampu jalan pertambangan, dan lain-lain.


4 komentar:

  1. dimana klo pju ini? n brpa harga nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bsa dirakit sndiri. harganya trgantung dimana belinya. cari aja di toko-toko elektronika. cari prosedur pembuatannya di internet

      Hapus
  2. boleh kah saya bertanya, berapa masing-masing harga komponen yang dibutuhkan?

    BalasHapus
  3. Selamat Siang teman-teman semuanya,
    Perkenalkan kami dari CV. TNN GLOBAL TECHNOLOGY bergerak di bidang lighting khususnya EBT (Energi Baru Terbarukan), kami menyediakkan semua komponen pembuatan PJU-TS (Penerangan Jalan Umum - Tenaga Surya), komponen yang kami sediakan hanya komponen yang terbaik dari yang biasanya. Jika ada pertanyaan ataupun order/pemesanan bisa kontak saya di arya@tnntechnology.com upnya ke bapak Aria (Operational Manager).

    BalasHapus