PENDAHULUAN
Zaman sekarang siapa sih
yang nggak kenal komputer. Alat canggih yang bisa buat apa aja, buat
mengerjakan pekerjaan kantor sampai membantu proses di pabrik. Selain untuk
kerja, komputer juga saat ini untuk hiburan dan bermain game. Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.
Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Tidak dapat dipungkiri hingga saat ini komputer mengambil peranan
penting bagi kehidupan manusia. Dengan fungsi yang beragam, komputer bisa
sangat membantu manusia melakukan apapun. Namun, komputer juga bisa menimbulkan
efek yang buruk dan sangat berbahaya bila disalah gunakan.
Mungkin kita semua bisa menggunakan computer, namun tidak semua yang tau arti
dari komputer itu sendiri. Selain itu, kita juga mungkin tidak tahu apa
saja yang ada di dalam komputer, apa yang menjalankannya, bagaimana fungsinya,
dan bagaimana cara kerjanya.
PENGERTIAN
DASAR KOMPUTER
Komputer adalah serangkaian
ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan
komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja
yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan
serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun
program yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
Hardware komputer juga
dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan
yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Dalam hal ini, komputer
tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya.
Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri
ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan
sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software
komputer atau perangkat lunak komputer.
Dalam arti yang paling
luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian.
Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari
suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam
diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam
sebuah buku.
Secara prinsip, komputer
hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia
dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan
adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan gak
brainware (perangkat manusia).
Konsep hardware - software
- brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu
dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih
dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer,
maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan
persoalan ataupun pekerjaannya.
Istilah komputer mempunyai
arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer)
diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to
reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu
melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan
instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya,
serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985),
komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat
serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi
ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada
intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik
yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan
suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan
hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut
terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi
(output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama
pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data
adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat
berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.
Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan
suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih
berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil
dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna
dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses
manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi
dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Menurut buku Computer
Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu
melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
•
Menerima input
•
Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
•
Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
•
Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut buku Computer Today
(Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data
yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah
pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di
memori (stored program).
Menurut buku Computer
Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital,
memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored
program) dan menghasilkan output informasi.
Menurut buku Introduction
To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu
pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan
cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Menurut buku Introduction
To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung
yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa definisi yang
didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
• Alat
elektronik
•
Dapat menerima input data
•
Dapat mengolah data
•
Dapat memberikan informasi
•
Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
•
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
•
Bekerja secara otomatis
Sedangkan yang disebut
dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah
dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah
tertentu.
Seiring dengan perkembangan
dunia teknologi maka mungkin saja Pengertian Komputer itu sendiri akan
mengalami perubahan sesuai dengan konteksnya nanti. Tertarik seputar komputer
sobat bisa baca juga sejarah Komputer serta pemahaman akan perangkat keras
komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE, FUNGSI DAN
PENGERTIANNYA)
Perangkat keras komputer (hardware)
adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya, dan dibedakan dengan
data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan
dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat
keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan
perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware,
karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat”
ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu
komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Komputer
pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara
kotak yang terdiri dari bagian berikut:
1. Processor
Processor disebut juga otak
dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer,
maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah
untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest
pengguna.
2. Papan induk (motherboard)
Papan induk (motherboard)
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung
seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC
yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC
IBM.
3. Chipset
Komponen pada motherboard
yang yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge dan
south bridge. Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen
yang terpasang pada motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada
motherboard sendiri punya tugas yang berbeda satu dengan yang lain. Chip pada
north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus
AGP, dan memori utama sistem. Sementara, chip yang south bridge mengatur aliran
data dari peranti input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta
peranti eksternal lainnya. Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya
dibanding south bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink,
fan, ataupun kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.
4. AGP
Singkatan dari Accelerated
Graphics Port. Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa
harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat
dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi
texture maps secara langsung dari memori utama. Datang dengan berbagai cita
rasa, saat ini kebanyakan motherboard menyertakan bus AGP 4X yang bekerja pada
frekuensi 266MHz. Untuk sekarang ini, port AGP ini baru digunakan buat memasang
kartu grafis yang notabene lebih cepat ketimbang memakai bus PCI. Akan tetapi,
beberapa motherboard terbaru sudah menyertakan port AGP Pro yang bisa dipasangi
baik kartu grafis berbasis AGP 4X maupun yang berbasis AGP Pro sendiri
5. Soket Memori
Soket ini merupakan tempat
untuk menempatkan memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk yang
berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot
sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan. Untuk memori
SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin, sementara untuk
memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.
6. Soket Prosesor
Merupakan tempat untuk
menaruh prosesor. Kalau jaman dahulu, masih ada pilihan lain selain sistem
soket yaitu sistem slot. Namun, setelah era PentiumIII generasi kedua, tipe
slot ini kemudian ditinggalkan lantaran ongkos produksinya yang lebih mahal
ketimbang memakai soket. Untuk urusan soket prosesor ini, pilihlah motherboard
dengan soket prosesor yang tepat. Soket 370 untuk prosesor Intel PentiumIII dan
Celeron, soket A untuk prosesor AMD Athlon dan Duron, serta soket 423/478 untuk
prosesor Pentium4.
7. CMOS
Singkatan dari
Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia
merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung
setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang
mendayainya masih bagus.
8. Soket Catu Daya (power supply, fan)
Fungsinya untuk menyuplai tenaga kepada semua komponen yang
tersambung pada motherboard.
9. Konektor Casing
Berfungsi untuk
menyambungkan tombol/ saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada
motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor
tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
10. Paralel Port
Untuk
Menghubungkan ke Printer.
|
11. USB Port
Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb,
seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya
seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program
untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah
program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara
manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi
menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras
komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan
dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
1.
Mengidentifikasi program
2.
Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat
komputer terkontrol.
3.
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu
program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga
mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan
prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara
manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.
Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
- Menyimpan
program dan aksesnya
- Membagi tugas di
dalam CPU
- Mengalokasikan
tugas-tugas penting
- Merekam
sumber-sumber data
- Mengatur memori
sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
- Memeriksa
kesalahan sistem
- Multitugas pada
OS/2″, Windows ’95″,
Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
- Memelihara
keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata
sandi (password) dan penggunaan
ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS),
Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
2. Program Aplikasi (Aplication
Programs)
Program Aplikasi
adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu,
misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program
presentasi, design grafis, dan lain-lain.
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa
yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang
ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur
tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
- Bahasa tingkat
rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana
pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
- Bahasa tingkat
tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari
oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC,
COBOL, PASCAL, FORTRAN.
- Bahasa generasi
keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan
bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented
Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual
C++
4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan
perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang
ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data,
mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
- Norton Utility
- Winzip
- Norton Ghost
- Antivirus
APA SAJA YANG
TERMASUK KOMPUTER?
Suatu benda dikatakan
mempunyai kegunaan sebagai komputer apabila benda tersebut mempunyai fungsi
self control atau disebut juga pengendalian yang mandiri. Ada input dan ouput.
Input adalah data yang dimasukkan ke dalam komputer. Data tersebut kemudian
diolah. Sebagai hasil akhir, data dapat ditampilkan pada layar komputer ataupun
dicetak. Kesemua proses tersebut dilakukan secara mandiri.
Contohnya, PC (Personal Computer)
1.
Di PC kita dapat memasukkan informasi atau data. Data ini dapat
berupa huruf, angka atau gambar. Data tersebut kemudian diolah dan hasilnya
ditampilkan pada layar komputer.
2.
Kita dapat menginstal program dan kemudian menjalankannya di
komputer.
Contoh lain benda yang disebut sebagai komputer, diantaranya adalah
HP, PDA dan kamera (digital).
PENUTUP
Jadi, telah kita ketahui
bersama bahwa komputer itu tersusun dari beberapa bagian, yaitu software dan
hardware serta beberapa komponen pendukung lainnya dengan fungsi yang
berbeda-beda. Dengan mengetahui fungsi dari komponen tersebut kita dapat
mengetahui apa itu komputer, apa saja yang ada di dalam komputer, apa yang
menjalankannya, bagaimana fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya.
Sebagai generasi muda, kita
harus mengikuti perkembangan teknologi, khususnya dalam bidang komputer agar
Negara kita tidak tertinggal dari Negara lain. Dengan postingan ini saya
berharap agar pembaca dapat mengerti banyak tentang komputer serta dapat
mengembangkannya untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, dengan
mengerti Komputer tidak menutup kemungkinan di masa depan kita dapat membuat
Komputer nasional yang lebih canggih dari saat ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar